banner image

ULASAN2 - Kernel, Center of Everything in OS

Windows punya NT kernel, iOS punya Darwin kernel, Android punya Linux kernel. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kernel dan mengapa hal tersebut sangat penting dalam Operating System? Gary Sims dari YouTube channel Android Authority memberikan jawabannya dalam video What is a kernel - Gary explains (url : https://youtu.be/mycVSMyShk8) yang berdurasi 9 menit 49 detik ini.

Kernel adalah program yang melakukan management pada CPU, memori, serta proses dalam komputer. Pada saat kita membuka suatu aplikasi, kernel lah yang mengalokasikan aplikasi ke dalam memori dan membuatkan process sehingga aplikasi dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Ada banyak macam pendekatan dalam merancang suatu kernel, namun yang dibahas di video ini ada dua macam teori : monolitik dan mikrokernel. Kernel yang pendekatan monolitik menjadi tempat di mana semua proses berjalan. Dalam pendekatan mikrokernel, kernel menggunakan memory space yang sangat kecil dan program lainnya (device drivers, networking, file system drivers, ) adalah user-level program dan melakukan apa yang dikehendaki kernel tersebut.

Menurut Sims, sah - sah saja untuk membuat kernel sendiri dalam OS (custom kernel), namun hal itu membutuhkan skill tersendiri. Apabila terjadi flaw dalam OS, hal tersebut ditanggung si perancang sendiri, bahkan mungkin si developer asli OS tersebut belum tentu akan turun tangan. Positifnya, memiliki custom kernel akan memberikan si perancang fitur tersendiri (yang tidak ada dalam kernel biasa) serta dapat melakukan eksperimen terhadap CPU yang berbeda.

Sims sebagai presentator pada video ini telah menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah dipahami penonton. Sims bahkan merangkum kembali isi materi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Berkat Sims, penulis ulasan jadi mengerti apa yang dilakukan oleh suatu kernel secara garis besar.

github : NaomiRiana
URL Ulasan : https://nao-cyber-journey.blogspot.com/2017/12/ulasan2-kernel-center-of-everything-in.html
URL Konten :  https://youtu.be/mycVSMyShk8
Durasi : 09:49
Video Author : Android Authority
Pemetaan Konten : week00
Tanggal Submisi Revisi Pertama : 1 Desember 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir : 1 Desember 2017
ULASAN2 - Kernel, Center of Everything in OS ULASAN2 - Kernel, Center of Everything in OS Reviewed by Naomi on Desember 02, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.